Pokok pembahasan : JAVA GUI
GUI (graphic User Interface)
adalah suatu aplikasi pada java yang berbasis grafik. GUI suatu program yang digunakan oleh user untuk penggunaan sebuah program aplikasi.
Java menyediakan dua jenis kelas GUI
AWT dan SWT
SWING
AWT (Abstract Windowing Toolkit)
Adalah package yang terdapat pada java.awt. yang berisi komponen GUI yang bersifat platform dalam sistem Operasi.
Contoh komponen pada AWT
Label
Button
Frame
SWT (Standart Widget Toolkit)
Adalah package yang tedapat pada java.swt. Tampilan pada java.swt menyesuaikan dengan sistem operasi.
Swing
Adalah package yang terdapat pada java.swing yang dapat di aplikasikan pada multiplatform sistem operasi.
Contoh komponen pada swing
JDialog
Jframe
JButton
Contoh Program
import javax.swing.*; //pemanggilan seluruh kelas swing
import java.awt.*; //pemanggilan seluruh kelas AWT
import java.awt.event.*; //pemaggilan seluruh kelas event yang berada pada kelas awt
import javax.swing.text.*; //pemaggilan seluruh kelas text yang berada pada kelas swing
public class Gui extends JFrame { //mendefiniskan kelas Gui dengan perluasan JFrame pd komponen swing
//pendefinisian objek seperti JTextField, JButton, dan JLabel
public static void main(String[]args){ //class utama
final JFrame myframe = new JFrame("Tugas GUI 1"); //method untuk membuat objeck "myframe" dengan Title("Tugas Gui 1")
JLabel lNim = new JLabel("Nim"); // deklarasi objeck lNim yang berguna untuk membuat label ("Nim")
JLabel lNama = new JLabel("Nama");// mendelarasikan objeck lNama yang berguna untuk membuat label ("Nama")
final JTextField TxtNim = new JTextField(20);// mendelarasikanobjeck TxtNim yang berguna untuk membuat TextField ("TxtNim")
final JTextField TxtNama = new JTextField(20); // mendelarasikan objeck TxtNama yang berguna untuk membuat TextField ("TxtNama")
final JButton btnOK = new JButton("OK"); // mendelarasikan objeck btnOk yang berguna untuk membuat Button ("OK")
final JButton btnExit = new JButton("EXIT"); // mendelarasikan objeck btnExit yang berguna untuk membuat Button ("Exit")
// untuk memampilkan objek
Container skt= myframe.getContentPane(); //fungsi container adalah jenis komponen yang menampung dan mengelola komponen pada java
skt.add(lNim);
skt.add(lNama);
skt.add(TxtNim);
skt.add(TxtNama);
skt.add(btnOK);
skt.add(btnExit);
myframe.setSize(350,200); // berfungsi untuk membuat size pada frame
myframe.setVisible(true);
Dimension layar=Toolkit.getDefaultToolkit().getScreenSize(); //untuk mendapatkan ukuran dimensi layar monitor pada sistem
int L=(layar.width - myframe.WIDTH)/2;
int T=(layar.height - myframe.HEIGHT)/2;
myframe.setLocation(L,T); //untuk menentukan posisi frame
myframe.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); //mengatur even saat frame ditutup
lNim.setBounds(10,10,140,20); // setBounds untuk mengatur posisi objek pada frame
TxtNim.setBounds(90,10,130,20);
lNama.setBounds(10,40,130,20);
TxtNama.setBounds(90,40,130,20);
btnOK.setBounds(90,70,65,20);
btnExit.setBounds(160,70,60,20);
}
}
import java.awt.*; //pemanggilan seluruh kelas AWT
import java.awt.event.*; //pemaggilan seluruh kelas event yang berada pada kelas awt
import javax.swing.text.*; //pemaggilan seluruh kelas text yang berada pada kelas swing
public class Gui extends JFrame { //mendefiniskan kelas Gui dengan perluasan JFrame pd komponen swing
//pendefinisian objek seperti JTextField, JButton, dan JLabel
public static void main(String[]args){ //class utama
final JFrame myframe = new JFrame("Tugas GUI 1"); //method untuk membuat objeck "myframe" dengan Title("Tugas Gui 1")
JLabel lNim = new JLabel("Nim"); // deklarasi objeck lNim yang berguna untuk membuat label ("Nim")
JLabel lNama = new JLabel("Nama");// mendelarasikan objeck lNama yang berguna untuk membuat label ("Nama")
final JTextField TxtNim = new JTextField(20);// mendelarasikanobjeck TxtNim yang berguna untuk membuat TextField ("TxtNim")
final JTextField TxtNama = new JTextField(20); // mendelarasikan objeck TxtNama yang berguna untuk membuat TextField ("TxtNama")
final JButton btnOK = new JButton("OK"); // mendelarasikan objeck btnOk yang berguna untuk membuat Button ("OK")
final JButton btnExit = new JButton("EXIT"); // mendelarasikan objeck btnExit yang berguna untuk membuat Button ("Exit")
// untuk memampilkan objek
Container skt= myframe.getContentPane(); //fungsi container adalah jenis komponen yang menampung dan mengelola komponen pada java
skt.add(lNim);
skt.add(lNama);
skt.add(TxtNim);
skt.add(TxtNama);
skt.add(btnOK);
skt.add(btnExit);
myframe.setSize(350,200); // berfungsi untuk membuat size pada frame
myframe.setVisible(true);
Dimension layar=Toolkit.getDefaultToolkit().getScreenSize(); //untuk mendapatkan ukuran dimensi layar monitor pada sistem
int L=(layar.width - myframe.WIDTH)/2;
int T=(layar.height - myframe.HEIGHT)/2;
myframe.setLocation(L,T); //untuk menentukan posisi frame
myframe.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); //mengatur even saat frame ditutup
lNim.setBounds(10,10,140,20); // setBounds untuk mengatur posisi objek pada frame
TxtNim.setBounds(90,10,130,20);
lNama.setBounds(10,40,130,20);
TxtNama.setBounds(90,40,130,20);
btnOK.setBounds(90,70,65,20);
btnExit.setBounds(160,70,60,20);
}
}
Maka outpunya adalah sebagai berikut :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar